World Cyber Games 2024 Digelar pada Indonesia, Siap Dongkrak Industri Gim Nasional

Photo of author

By Erina Syifa

ledifha.com – JAKARTA – Perkembangan lapangan usaha gaming atau gim dalam Indonesia begitu pesat. Hal ini bahkan mendapat dukungan dari pemerintah melalui Peraturan Presiden (Perpres) No.19 yang salah satu isinya terkait mempercepat perkembangan lapangan usaha gim nasional.

Di mana Pilar ke-7 Peraturan Presiden Nomor 19 Tahun 2024 menekankan pentingnya peningkatan aktivasi dan juga apresiasi terhadap produsen gim nasional melalui penyelenggaraan kegiatan berskala nasional, regional, lalu global. Berkaitan dengan itu, inisiasi sektor konten menyelenggarakan acara Diskusi Bisnis Kondisi Keuangan Kreatif yang dimaksud mempertemukan berbagai stakeholder bidang konten seperti komik, gim, film / animasi dari berbagai negara dengan kreator lokal pada Jakarta.

Kementerian Koordinator Sektor Kemaritiman serta Penanaman Modal (Kemenko Marves RI) mengungkap, kemungkinan lingkungan ekonomi gim online di tempat Tanah Air tak sebesar bursa global. Untuk gim di dalam lingkungan ekonomi global saja, kemungkinan cuannya terus meningkat hingga banyak miliar Dollar AS.

Pelaksana Tuga (Plt) Asisten Deputi Pengembangunan Kondisi Keuangan Kreatif pada Kemenko Marves RI Liz Zeny Merry mengatakan, pada tahun 2022 lalu, prospek duit dari gim bursa global mencapai 249,55 miliar Dollar AS. Pada tahun 2023 perputaran duitnya kembali naik menjadi 281,77 miliar Dollar AS.

“Itu berapa ribu triliun (rupiah), itu (pasar) global. Nah untuk yang digunakan mobile, gim-gim yang didominasi oleh wadah mobile ini 136 miliar Dollar Amerika Serikat dalam 2022, ini sekitar hampir setengahnya dari 250 miliar Dollar AS, duit 136 miliar ini berputar dalam mobile gim,” kata Liz ketika jumpa pers membuka Festival World Cyber Games (WCG) 2024 di dalam DKI Jakarta Pusat pada Selasa (4/6/2024).

Liz mengatakan, kemungkinan duit dari perputaran gim dalam Tanah Air pada tahun ini diprediksi hanya saja 2,5 miliar Dollar Negeri Paman Sam atau sekitar Mata Uang Rupiah 39 triliun. Angka ini tak sebanding dengan kedudukan Indonesia yang tersebut berada pada tiga besar sebagai pengunduh gim yang dimaksud ada. “Kalau Indonesia sendiri seperti yang tersebut tadi saya bilang itu, 2,5 miliar Dollar Negeri Paman Sam juga Indonesia ini peringkat ketiga pengunduh terbesar di dalam dunia, ada 3 miliaran yang digunakan mengunduh gim,” ujar Liz.

Menurut dia, tingginya nomor pengunduh gim di dalam Indonesia sebetulnya membuktikan bahwa merek tertarik terhadap gim yang tersebut ada di dalam perangkat mobile maupun konsol. Kemenko Marves kemudian menggerakkan warga untuk menciptakan gim sendiri, sehingga bisa saja bersaing dengan pangsa global.

“Potensi-potensi yang tersebut bernilai ekonomi untuk Indonesia sendiri, bisa jadi kami switch untuk menggerakkan kreatif anak-anak muda untuk mampu menjadi pencipta dari gim sendiri,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Liz mengungkap, ada tujuh tantangan yang digunakan dihadapi untuk mengembangkan sistem ekologi gim secara mandiri. Pertama pengembangan sumber daya manusia (SDM); kedua membuka akses pembiayaan; ketiga pemasaran serta akses pasar. Keempat penyediaan infrastruktur teknologi yang dimaksud memadai juga kompetitif; lalu kelima penyusunan regulasi untuk penguatan ekosistem gim nasional juga keenam penyelenggaraan lapangan usaha perangkat keras untuk gim nasional; juga ketujuh aktivasi gim nasional di area kawasan regional juga global.

Atas dasar itulah, Liz menggalang Indonesia menjadi market gim terbesar di tempat Asia Tenggara, sekaligus menjadi tuan rumah WCG 2024. Festival multigim terbesar dalam dunia ini, telah dilakukan ada sejak tahun 2001 lalu dengan melibatkan 111 negara, 76 gim kemudian 1,5 jt pemain dari seluruh dunia.

Leave a Comment