Apa Yang Harus Dilakukan Jika Tombol Power Android Rusak

Posted on
Apa Yang Harus Dilakukan Jika Tombol Power Android Rusak

Apa sekarang tombol power pada android kamu sedang rusak entah karena apa ? atau tombol power itu memang sudah lama rusak, tetapi baru sekarang kamu berniat memperbaikinya ? maka disini saya akan memberikan beberapa pilihan yang bisa kamu lakukan ketika tombol power smartphone kamu rusak.

Saya sendiri sudah pernah mengalaminya, pada suatu sore entah mengapa tombol power android saya rusak engga ada angin engga ada hujan tiba – tiba pas ditekan engga berfungsi. Pertama karena hp saya sudah jadul saya kira bentaran juga bagus lagi, eh lama ditunggu hasilnya tetap sama.

Mau saya coba restart karena mungkin habis direstart bakalan balik lagi, lah baru ingat tombol powernya rusak gimana mau ngerestart, untuk beberapa lama saya balik ngegame, terus saat ngegame saya terpikir sebuah cara dan cara tersebut ternyata berhasil.

Lakukan Ini Ketika Tombol Power Android Rusak

Dibawah ini saya akan memberikan beberapa pilihan yang bisa kamu gunakan terhadap masalah tentang rusaknya tombol power ponsel kamu, mungkin kurang lengkap tetapi akan saya tambahkan jika saya punya cara baru.

1. Jangan Matikan Androidnya

Maksud saya disini adalah jangan di ‘shut down’ android kamu, karena itu hanya memperparah keadaan. Jika hanya kamu stand by-kan saja, maka tak masalah karena biarpun tombol powernya rusak masih bisa dihidupkan, caranya tinggal dicharger maka layar akan hidup otomatis.

Tetapi jika ternyata kamu sudah terlanjur mematikan ponsel kamu, maka kamu bisa melakukan cara yang ada di poin kedua ini.

2. Bawa Ketempat Service

Inilah cara termudah dan terbaik yang bisa dilakukan oleh siapapun yang memiliki sebuah ponsel, tetapi cara ini memiliki 1 kelemahan yaitu butuh yang namanya ‘uang’ dan banyak orang yang kurang berkecupan sehingga jika ingin menservice harus mikir 10 kali.

Jika kamu tidak mau repot memikirkan cara mendapatkan uang untuk menservice smartphone kamu, maka silahkan gunakan cara yang ada dibawah ini, semoga salah satu pilihan yang saya berikan dapat membantu kamu dalam menyelesaikan masalah tombol power yang tidak berfungsi tersebut.

3. Gunakan Fitur ‘Ketuk Dua Kali’

Jika hp kamu keluaran baru atau setidaknya smartphone keluaran 2018 keatas, seharusnya sih memiliki fitur ini. Kegunaan dari fitur ini adalah kamu dapat menghidupkan layar android kamu dengan cara mengetuk dua kali pada layar yang mati.

Jika kamu ingin mengaktifkan fitur ini silahkan cari caranya digoogle karena saya rasa tiap brand atau merek, memiliki cara yang berbeda untuk mengaktifkan suatu fitur. Tetapi fitur ini memiliki kelemahan yaitu kamu tidak bisa mematikan layarnya secara instan.

Maka dari itu saya memiliki cara lain yang dapat membuat kamu mendapatkan kembali tombol power yang rusak tadi, walaupun dengan cara yang mungkin terdengar tidak biasa bagi beberapa orang.

4. Tombol Volume Menjadi Tombol Power

Dengan cara ini kamu dapat mengembalikan fungsi tombol power yang rusak, walaupun harus menggunakan tombol volume sebagai pengganti tombol power yang sudah rusak sebelumnya.

Karena hampir mustahil untuk memperbaiki kerusakan pada hardware menggunakan sebuah aplikasi, bahkan bisa saya katakan mustahil. Karena untuk memperbaiki hardware yang rusak perlu penanganan secara fisik.

Saya sudah membuat cara mengganti tombol volume menjadi tombol power pada smartphone, tetapi jangan takut karena dengan cara ini tombol volume akan tetap berfungsi sebagai pengubah volume, hanya saja sekarang fungsinya ganda.

Yaitu menjadi tombol volume dan menjadi tombol power, dan untuk mematikan layar bukan menggunakan tombol volume tetapi dengan mengklik sebuah notifikasi, untuk lebih jelasnya bisa kamu lihat pada artikelnya dengan mengklik link berwarna biru.

Itulah dia beberapa pilihan yang bisa kamu lakukan jika tombol power android kamu sedang rusak, jika kamu memiliki pertanyaan atau memiliki cara lain, silahkan sampaikan melalui kolom komentar dibawah dan akan saya balas secepatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *