Apakah Benar HP yang Diroot Garansinya Bisa Hilang ??

Posted on
HP yang Diroot Garansinya Bisa Hilang

Sering banget dapat pertanyaan seputar hp yang diroot, salah satunya adalah pertanyaan tentang garansi yang hilang bila hp sudah pernah diroot. Disini saya akan membahasnya supaya kamu tahu apakah benar atau tidak jika hp yang sudah pernah diroot maka garansinya bisa hilang.

Menurut saya ngeroot hp hampir sama dengan melakukan sesuatu hal yang berpotensi membayakan si hp sendiri, karena ketika kita root android kita, maka besar kemungkinan kita membuat android melakukan pekerjaan yang berbahaya baik pada sistem maupun hardwarenya.

Dan tidak bisa dipungkiri kebanyakan tujuan orang – orang melakukan root pada ponselnya adalah untuk melakukan hal – hal yang lumayan berbahaya seperti menggunakan aplikasi cheat, menambah kecepatan hp, membuat penyimpanan hp bertambah (walau mustahil), dan banyak lagi.

Bahkan bisa kamu lihat sendiri, hp yang sudah diroot akan lebih cepat panas walaupun sedang tidak digunakan, itu adalah salah satu tanda root hp sebaiknya jangan dilakukan jika tidak perlu atau kalau hanya untuk melakukan hal yang berbahaya.

Terkadang bahkan ada orang yang tidak tahu hp yang sedang digunakannya sudah ter-root, mungkin karena beli bekas atau karena terjadi sesuatu, maka dari itu saya sudah membuat artikel cara mengecek hp sudah diroot atau tidak.

Masuk ke pertanyaan utama, apakah hp yang diroot bisa kehilangan garansinya jawabannya IYA, jika kamu sudah pernah melakukan root pada android kamu, maka kamu harus bersiap menerima konsekuensi bahwa garansi hp akan hilang, walaupun garansi masih lama.

Kenapa Garansi Hilang Jika Android Sudah Diroot

Hal yang akan saya katakan dibawah ini adalah murni pendapat saya pribadi, jadi kalau ada salah saya mohon maaf terlebih dahulu.

Pertama saya ingin katakan garansi memang hilang kalau hp sudah diroot tetapi ini hanya terjadi jika orang garansi TAHU JIKA android sudah pernah diroot, jika tidak ya tidak masalah. Lalu kenapa garansi bisa hilang jika hp sudah diroot ?.

Garansi diberikan jika terjadi kerusakan yang bukan human error atau kerusakan yang bukan disebabkan oleh si pengguna, makanya pada garansi biasanya ada ketentuan jika hp terbakar, tercebur kedalam air, dan sebagainya. Maka garansi tidak bisa digunakan.

Rooting juga adalah human error, karena kamu melakukannya dengan sengaja. Lalu kalau cuma diroot kenapa garansi bisa hilang. Misalkan saja kamu ingin memperbaiki hp kamu karena katakanlah audionya tidak keluar, tetapi ditolak karena sudah pernah diroot.

Bisa kita bayangkan antara root dan audio hampir tidak memiliki hubungan, tetapi bagaimana jika yang rusak bukan hanya audio tetapi lebih dari pada itu, seperti yang saya katakan sebelumnya bahwa rooting bisa berpotensi merusak hardware smartphone kamu.

Maka dari itu garansi ditolak karena mereka ingin menghindari memperbaiki kesalahan yang ternyata terjadi karena human error tadi, mereka juga tidak ingin rugi karena memperbaiki ponsel yang ternyata penyebab kerusakannya bukan dari mereka.

Tetapi semua ini kembali lagi kepada kamu dan orang garansi, jika ternyata orang garansi tidak tahu kalau android kamu pernah diroot ya garansi akan tetap ada, pandai – pandai kamulah dalam berkata, walau saya tidak mengatakan kamu boleh berbohong ya.

Sekian artikel kali ini, jika kamu memiliki pertanyaan mengenai topik didalam artikel ini atau diluar dari topik yang sedang dibahas, silahkan tanyakan melalui kolom komentar yang ada dibawah dan akan saya balas secepatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *