Tutorial Edit Foto di Lightroom

Diposting pada

Tutorial Edit Foto di Lightroom
Lightroom merupakan aplikasi yang sudah sangat populer karena memiliki fungsi yang cukup bagus. Hanya dengan aplikasi android, kamu bisa mengubah foto yang biasa saja menjadi luar biasa.

Lalu bagaiaman tutorial edit foto di lightroom? caranya sangatlah mudah, silahkan perhatikan dengan baik bagaimana saya menjelaskannya agar kalian semua menjadi bisa tentunya.

Jika kalian memiliki rumus lightroom mungkin akan lebih maudah untuk melakukan editing karena hanya perlu copy paste saja preset yang sudah disiapkan.

Namun saya akan memberikan tahapan secara merinci agar kalian terbiasa dan paham fungsi dari setiap tool yang ada di aplikasi lightroom.

Karena dengan biasa melakukan, orang akan lebih mudah mengingatnya dan sukar untuk melupakannya, jadi belajarlah jangan cari yang instan.

Tutorial Edit Foto Lightroom Keren


Cara mengedit foto di lightroom sebenarnya sangat mudah, kamu hanya perlu mengatur besar kecilnya nilai yang diberikan dalam setiap tool untuk memberikan warna yang menarik.
Nah untuk kali ini saya memiliki sebuah settingan lightroom yang membuat foto kalian terlihat lebih bagus, jadikan settingan yang saya berikan ini sebagai bahan pembelajaran.

1. Cahaya (light)

Cahaya atau light merupakan menu yang tersedia didalam aplikasi lightroom, disana terdapat beberapa tool yang berfungsi sangat baik.

Silahkan atur tool pencahayaan hingga ke angka 0,26EV, kontras 0, highlight -18, untuk selengkapnya silahkan perhatikan tabel berikut agar lebih jelas.

Pencahayaan
0,26EV
Kontras
-18
Highlight
43
Bayangan
43
Rona Putih
-40
Hitam
52

2. Warna (color)

Disamping cahaya kalian akan menemukan menu warna atau color jika menggunakan bahasa inggris. Disana ada tool temperatur yang berfungsi untuk mengatur suhu yang ditampilkan oleh foto.

Selanjutnya ada vibrance yang memiliki fungsi mengatur intensitas warna dan kejenuhan mengatur gambar yang kurang baik. Untuk settingannya ikuti pengaturan berikut.

Temp
12
Corak
-5
Vibrance
41
Kejenuhan
-12

3. Campuran Warna (color mix)

Dibagian atas menu warna kamu pasti akan melihat tulisan CMPRN atau MIX, nah untuk membuka menu campuran silahkan klik tulisan tersebut dan akan muncul beberapa warna yang bisa diatur.

Untuk pengaturan kali ini saya hanya menggunakan 3 warna saja, yakni warna merah, oren, kuning, hijau, aqua dan biru. Warna yang tidak disebutkan biarkan kosong saja, tidak perlu lagi diatur.

Warna
Rona
Kejenuhan
Luminans
Merah
17
-18
48
Oren
-45
27
52
Kuning
-28
4
33
Hijau
-35
-40
-36
Aqua
-61
-13
45
Biru
-37
-15
13

4. Efek (effect)

Langkah selanjutnya dalam tutorial edit foto di lightroom ialah perlu mengatur bagian efek yang letaknya sebelahan dengan menu warna sebelumnya dengan logo segiempat.

Tekstur disini berfungsi untuk memfokuskan objek agar lebih terlihat jelas, tujuannya agar objek menjadi menonjol dibandingkan dengan background dari foto itu sendiri.

Untuk efek kabut sesuai dengan namanya, yakni memberikan sedikit efek yang berupa kabut disekita foto. Selanjutnya vignette, berfungsi memberikan efek gelap disetiap sisi foto.

Langsung saja ikuti pengaturan yang telah saya sediakan didalam tabel berikut agar lebih cepat selesai dalam mengedit foto di ligtroom.

Tekstur
0
Kejernihan
19
Efek Kabut
9
Vignette
-5
Titik Tengah
50
Feather
50
Kebulatan
0
Catatan: saya tidak menggunakan seluruh tool dalam membuat filter seperti ini, karenanya bila ada tool yang tidak tertulis maka artinya diamkan saja tidak perlu diubah lagi.
Dengan ini kamu telah berhasil melakukan edit foto menggunakan aplikasi lightroom, selanjutnya salurkan ide kaliann untuk membuat sebuah filter yang lebih baik dari ini.
Demikianlah pembahasan kali ini mengenai tutorial edit foto dengan lightroom, semoga informasi yang telah disampaikan bisa bermanfaat untuk teman-teman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *